Kamis, 30 Juni 2016

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil


Banyak yang mempertanyakan apakah Puasa Untuk Ibu Hamil itu aman? Penelitian selama 4 tahun yang lalu kurang lebih 7000 bayi yang telah lahir dari ibu yang menunaikan puasa diperoleh data, bahwa terjadi penurunan berat plasenta dari ibu hamil yg menunaikan ibadah puasa pada trimester kedua dan ketiga pada kehamilan. Namun secara umum tidak mepengaruhi berat lahir bayi serta kondisi kesehatan bayi secara umum .
Berbeda dengan perubahan kondisi plasenta yang berasal dari bunda yang menderita penyakit kronis sebelumnya. Begitu pula bunda menyusui, telah dilakukan penelitian di Turki tahun 2006, bahwa menjalankan Puasa Untuk Ibu Hamil tak berpengaruh terhadap komposisi mikronutrien dari air susu bunda (ASI), dan tidak mepengaruhi pertumbuhan janin.
Dari beberapa penelitian tersebut, Kita dapat menarik kesimpulan bahwa Puasa Untuk Ibu Hamil tidak berbahaya bagi ibu maupun janin.
“Namun, tetap perlu diperhatikan kondisi kehamilannya itu sendiri. Konsultasi ke dokter sebelum menjalani puasa perlu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan ibunda serta bayi / janin nya,” istilah Dr dr Ali Sungkar, Sp.OG Divisi Fetomaternal – Departemen Obstetri serta Ginekologi FKUI/RSCM.
Beberapa penelitian membuktikan bahwa berat badan bayi baru lahir tidak dipengaruhi oleh puasa atau tidak puasanya si Ibu saat hamil, begitu juga dengan IQ sang bayi.
Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa sampel darah ibu hamil yang menjalankan puasa dan  tidak puasa memang mengalami perubahan tetapi hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan bunda dan  dan  anak.
Selama bunda hamil sudah dilakukan pengecekan dan dinyatakan sehat serta telah dikonsultasikan kepada ahlinya, maka ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan ibadah puasa khususnya selama bulan ramadhan. Ibu hamil tentunya dalam menjalankan puasa akan berbeda dengan saat tidak sedang hamil, diperlukan kiat-kiat khusus agar puasa yang sedang dijalankan benar-benar menjadi sebuah ibadah yang berkah dan kandungan yang sedang dijalani senantiasa sehat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan sang bunda hamil selama berpuasa:

Baca Selengkapnya >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar