Senin, 27 Juni 2016

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Di bulan puasa ini seluruh umat muslim di seluruh dunia diwajibkan melakukan ibadah puasa selama 29/30 hari. Puasa yaitu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai terbitnya fajar sampai waktunya berbuka pada petang hari.Namun ada beberapa golongan yang dapat diberikan keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa, Salah satunya adalah ibu hamil dan menyusui. Mereka diperbolehkan untuk tidak puasa dan menggantinya di hari lain, baik disertai membayar fidyah ataupun tidak. Tapi jika ibu hamil menyatakan sanggup untuk menjalankan ibadah puasa dengan alasan kuat selama melakukan puasa atau malah tidak ingin mengganti puasa di bulan-bulan berikutnya, lalu apakah aman ibu hamil puasa? Bagaimana akibatnya terhadap kesehatan janin?



Jawabanya tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Selama kesehatan ibu hamil dan janinnya dinyatakan sehat dan tidak beresiko, maka ibu hamil diperbolehkan niat berpuasa dengan kondisi ibu hamil puasa namun tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin didalam kandungan. Pemberian nutrisi Ibu hamil harus sama dengan saat dalam kondisi tidak puasa, Hanya saja dilakukan dalam waktu yang berbeda, yaitu saat antara berbuka hingga sahur.

Kandungan gizi dan nutrisi yang seimbang  kira-kira 2.500 kalori dalam sehari, menggunakan komposisi 50% karbohidrat (perkiraan 308 gram), 30% protein (perkiraan 103 gr), serta 10-20% lemak (perkiraan 75 gr). Pemenuhan nutrisi dapat dilakukan dengan konsumsi makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri asal nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu setiap kali berbuka dan sahur. Bunda bisa menambahkan suplemen vitamin yang diyakini baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama berpuasa. Disamping itu, beberapa zat penting juga diperlukan saat kehamilan, misalnya asam folat, zat besi dan  kalsium. Asam folat diperoleh dari kacang-kacangan, zat besi berasal dari sayuran, dan kalsium bisa dihasilkan oleh susu dan ikan

Masalah saat Ibu Hamil Puasa


Ada beberapa masalah saat ibu hamil puasa sehingga disarankan untuk tidak berpuasa Jika mengalami gangguan sebagai berikut:

Kencing manis atau diabetes (DM)

Ibu hamil dengan kencing manis  tidak disarankan untuk menjalankan puasa. Alasannya selain wajib  menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi pola makan yang telah dibuat agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol atau tetap stabil

Baca Selengkapnya >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar